Home » » Alasan Wajib Makan Serat

Alasan Wajib Makan Serat

Meskipun sering disepelekan, ternyata serat amat dibutuhkan oleh tubuh, Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat setiap hari
Berikuti ini lima manfaat serat yang mengagumkan, dilansir melalui Foxnews (27/7).

Mencegah sembelit
Serat tidak larut membantu melembutkan dan melunakkan tinja, sehingga mengurangi risiko sembelit yang tidak mengenakan. Para ahli mengatakan bahwa makanan tinggi serat juga bisa menurunkan risiko divertikulosis, kondisi dimana terjadi pembentukan kantong kecil di usus besar.

Menyehatkan jantung
Penelitian di tahun lalu menunjukkan salah satu pencegahan terhadap penyakit jantung yang paling mudah dan efektif adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Mengonsumsi makanan berserat juga mampu mengurangi mengurango tekanan darah, kadar kolesterol jahat dan peradangan.

Bikin langsing
Karena memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan rendah kalori, para ahli  gizi menyarankan mengonsumsi serat untuk mengurangi rasa lapar, sehingga membantu menurunkan berat badan. Para ilmuwan di Tufts University, Massachusetts, menemukan bahwa wanita yang menambahkan 14 gram dalam  makanannya setiap hari, rata-rata mampu menurunkan 4 pons (2 kg) dalam empat bulan.

Atasi diabetes tipe 2
Serat larut dianggap mampu mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin karena serat larut dapat memperlambat pencernaan karbohidrat yang membantu mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba. Serat dalam biji-bijian diperkirakan mampu mengurangi risiko diabetes sekitar 35 persen.

Panjang umur
Temuan dari National Cancer Institute menunjukkan perempuan yang mengonsumsi 26 gram serat dan pria 29 gram per hari dapat menurunkan risiko kematian dini dari semua penyebab hingga 22 persen. Serat larut juga memiliki efek anti inflamasi dan membangun sistem kekebalan tubuh.
Anda sedang membaca artikel tentang Alasan Wajib Makan Serat dan anda bisa menemukan artikel Alasan Wajib Makan Serat ini dengan url http://inzanakbid.blogspot.com/2012/07/alasan-wajib-makan-serat.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Alasan Wajib Makan Serat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Alasan Wajib Makan Serat sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts